Pendaftaran

No Judul Keterangan
1 TATA CARA PENDAFTARAN UJI KOMPETENSI LSP PPT MIGAS

Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta Uji Kompetensi Untuk  
Pemohon Baru dan Re-Sertifikasi (Naik Tingkat/Jabatan)

A.   Tata Cara Pendaftaran

       1.  Calon Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan
            lengkap dan ditandatangani :

           a. Formulir Persyaratan Peserta (F.9.01.A)

           b. Formulir Persyaratan Unjuk Kerja Pemegang Sertifikat
               (F.9.05.A)

           c. Formulir Pemutakhiran Pemegang Sertifikat Kompetensi
               (F.9.05.B) 
bagi yang Re-Sertifikasi/Naik Tingkat.

      2.  Formulir Persyaratan Peserta (F.9.01.A) harus dilengkapi
           dengan :

           a. Salinan (copy) ijazah yang dilegalisir.

           b. Surat pengalaman kerja yang sah, ditandatangani oleh
               perusahaan yang menerbitkan.

           c. Surat keterangan sehat yang sah dari dokter.

           d. Pasphoto ukuran 3x4, 1 (satu) lembar, dengan latar belakang
              (background) foto sesuai tingkatannya.

    3.   Penyerahan Formulir :

           Calon peserta menyerahkan formulir pendaftaran beserta
           lampirannya di loket pendaftaran atau mengirimkannya melalui
           jasa pengiriman paling lambat 1 (satu) minggu/5 (lima) hari kerja
           sebelum uji kompetensi dilaksanakan, pada jam : 12.00 wib sudah
     diterima di loket.

     4.   Pengumuman Peserta Uji Kompetensi :

           a. 3 (tiga) hari kerja sebelum pelaksanaan uji kompetensi daftar
               calon  peserta  dan kelengkapan 
persyaratan diumumkan  di
               website, untuk melakukan daftar ulang.

           b. Bagi calon peserta yang namanya tidak ada dalam daftar
               calon peserta yang disebabkan keterlambatan persyaratan,
               akan didaftar pada periode 
ujian berikutnya.

      5.  Daftar ulang :

           Daftar  Ulang  dilakukan 1 (satu) hari sebelum  jadwal  ujian,
           dengan  verifikasi  persyaratan di  loket  pendaftaran  pada
          jam 08.00 – 09.30.

     6.  Pembayaran Biaya Uji Kompetensi :

           a. Calon peserta yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan
               form pembayaran.

           b. Calon peserta membayar biaya uji kompetensi sesuai tarif
           di loket pembayaran.

      7.  Nomor Ujian / Uji Kompetensi

           Bukti pembayaran diserahkan di loket pendaftaran untuk dilakukan
           proses pemberian nomor ujian.

B.   Tata cara rekam  Biometrik  (digital foto, sidik jari dan
      tanda tangan
)
      a. Setelah ujian tulis, atau setelah ujian praktek / wawancara,
          peserta harus melakukan rekam biometrik.

      b. Rekam boimetrik dilakukan di Ruang Rekam Biometrik.
      c. Peserta akan diatur urutannya oleh petugas.
      d. Peserta menggunakan kemeja/hem resmi berkerah.

2 TATA CARA DAFTAR ULANG (REGISTRASI) UJI KOMPETENSI LSP PPT MIGAS

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan uji kompetensi (sertifikasi) di LSP PPT Migas Cepu dengan ini diberitahukan bahwa bagi Calon Peserta Uji Kompetensi LSP PPT Migas diharuskan melakukan Daftar Ulang dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Calon peserta uji kompetensi diharuskan melaksanakan sendiri daftar ulang tanpa diwakilkan  serta melunasi pembayaran biaya uji kompetensi, 1 (satu) hari sebelum tanggal pelaksanaan uji kompetensi dan berakhir sampai dengan jam 12.00 siang.
  2. Untuk yang membayar melalui transfer bank diharuskan membawa bukti tranfer dengan dilengkapi berita atau keterangan pembayaran atas nama peserta dan periode ujian yang diikuti

Demikian Pemberitahuan ini sebagai pengumuman resmi LSP PPT Migas, harap maklum dan terima kasih.

3 FORMULIR-FORMULIR RESMI UNTUK UJI KOMPETENSI LSP PPT MIGAS

Berdasarkan Prosedur Mutu LSP PPT Migas setiap calon peserta Uji Kompetensi diharuskan  mengisi Fromulir-fromulir Resmi untuk Uji kompetensi di LSP PPT Migas dan melengkapi Lampiran-lampiran yang ada sesuai dengan Skema Sertifikasi LSP PPT Migas.

Formulir ini harus dilengkapi Lampiran-lampiran yang terdiri dari :
a. Copy Ijazah (Legalisir)
b. Surat Pengalaman Kerja (Asli)
c. Sertifikat Kursus-kursus/Pelatihan
(Lampiran tersebut diats harus sesuai dengan Skema Sertifikasi masing-masing ruang lingkup).
d. Surat Keterangan Dokter
c. Pas Foto 3x4 sebanyak 4 lembar

 

FORMULIR PESERTA INDONESIA (F.9.01.A)
Untuk Peserta orang Indonesia silahkan menggunakan Formulir tersebut diatas


FORMULIR PENDAFTARAN PAKET PENYEGARAN
Untuk Peserta Paket Penyegaran silahkan menggunakan Formulir tersebut diatas

 

FORMULIR PERSYARATAN PESERTA ASING (F. 9. 01. A )

Untuk Peserta orang asing silahkan menggunakan Formulir tersebut diatas

 

FORMULIR UNJUK KERJA PEMEGANG SERTIFIKAT (F.9.05.A)

Formulir ini untuk menjelaskan bahwa yang bersangkutan telah bekerja dengan aman.

 

 

FORMULIR PEMUTAKHIRAN PEMEGANG SERTIFIKAT KOMPETENSI (F.9.05.B)

Formulir tersebut untuk calon peserta yang akan memperpanjang atau naik jabatan

 

FORMULIR PEMANTAUAN PEMENUHAN PERSONIL SERTIFIKASI (F. 14. 01. A ) 

Formulir tersebut diatas untuk melakukan pelaporan untuk pemantaun pemegang sertifikat.

 

FORMULIR BANDING KEPUTUSAN SERTIFIKASI (F.9.08A)

Formulir tersebut diatas untuk melakukan banding terhadap keputusan sertifikasi

 

Silahkan download Formulir-formulir tersebut diatas

4 SKEMA SERTIFIKASI LSP PPT MIGAS

LSP PPT Migas adalah Lembaga yang dibentuk oleh Organisasi pelaksana pemerintah yang mempunyai tugas melakukan pelayanan sertifikasi uji kompetensi tenaga teknik khusus sub sektor Industri Minyak dan Gas Bumi.

Salah satu persyaratan Lembaga Sertifikasi Personil adalah harus memiliki Skema Sertifikasi yang terdiri dari : Justifikasi, Ruang Lingkup, Tujuan, Organisasi Pengusul, Level dalam Klaster, Proses Sertifikasi dan lainnya.
Dari seluruh substansi diatas, yang berkaitan secara teknis dalam menentukan tingkat jabatan dalam setiap ruang lingkup adalah persyaratan. Sehubungan dengan hal tersebut maka diinformasikan sebagai berikut :

1. SKKNI Penyelidikan Seismik

2. SKKNI Pemboran

3. SKKNI Perawatan Sumur

4. SKKNI Operasi Produksi

5. SKKNI Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban

6. SKKNI Aviasi

7. SKKNI Keselamatan dan Kesehatan Kerja

8. SKKNI Sistem Manajemen Lingkungan

9. SKKNI Ketel Uap/Boiler

10. SKKNI Kalibrasi dan Instrumentasi

11. SKKNI Scaffolding

12. SKKNI Petugas Penanggulangan Bahaya Gas H2S

13. SKKNI Petugas Pengambil Contoh

14. SKKNI Laboraturium Pengujian Migas

15. SKKNI Welder/Juru Las

16. SKKNI Fluida Pemboran, Komplesi dan Kerja Ulang Sumur



5 PERSYARATAN UMUM TEMPAT UJI KOMPETENSI (TUK) LSP PPT MIGAS

Tempat Uji Kompetensi (TUK) merupakan tempat kerja dan atau lembaga yang dapat memberikan fasilitas pelaksanaan uji kompetensi yang telah diverifikasi oleh LSP berlisensi.

Sedangkan Uji Kompetensi adalah suatu proses asesmen untuk mengumpulkan bukti-bukti yang membuat keputusan apakah suatu kompetensi telah dicapai yang dilakukan oleh asesor kompetensi.

Untuk itu TUK dibagi 2 jenis yaitu :
a. TUK di Tempat Kerja
b. TUK di Lembaga Diklat dan Lembaga yang menawarkan Jasa TUK.

Untuk Persyaratan Umum TUK LSP PPT Migas dapat diunduh dengan klik dibawah ini :

PERSYARATAN UMUM TEMPAT UJI KOMPETENSI (TUK) LSP

6 DIAGRAM ALIR PROSES UJI KOMPETENSI

DIAGRAM ALIR PROSES UJI KOMPETENSI BERDASARKAN SKEMA SERTIFIKASI LSP PPT MIGAS :

DIAGRAM ALIR PROSES UJI KOMPETENSI

7 PENDAFTARAN ONLINE

Untuk Melakukan Pendaftaran Online : Klik Disini 

Untuk mempercepat pengiriman berkas pendaftaran silahkan menggunakan Sistem pendaftaran Online

Pendaftaran online dapat dilayani sesuai dengan Pendaftaran yang dibuka oleh LSP PPT Migas.

Bila anda telah melakukan pendaftaran secara online, anda masih diharuskan melakukan pendaftaran sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh LSP PPT MIGAS

 

 

8 PEMBAYARAN SERTIFIKASI

PROSEDUR PEMBAYARAN SERTIFIKASI VIA TRANSFER

Pembayaran dilaksanakan melalui transfer ke rekening BNI

 

     a/n BPN163PPSDM Migas        

     Nomor Rek : 0032946289    

 

dengan mencantumkan (Nama Perusahaan/Pribadi)_(JUMLAH PESERTA)_(STTK yang diambil)_(TANGGAL UJIAN) pada Berita Transfer

 

Contoh Format Transfer:

PT.ABC_10org_OPA_JIB_17 Mei 2017 (perusahaan)
Ramadhan Agung_1org_OPA_JIB_17 Mei 2017 (perorangan/pribadi)