VP Pertamina Corporate University : “Saya Pernah Digembleng di PPSDM Migas Cepu”
Kategori : berita pusdiklat migas Ditulis : Jum'at, 23 Maret 2018 Hits : 234 oleh : Administrator
Pada saat memberikan sambutan Karantina Marhaeni mengenang kota Cepu sebagai kawah candradimukanya pusat pengembangan tenaga perminyakan.“Dulu saya juga pernah di sini, digembleng di Cepu ini”, kenang Karantina Marhaeni pada saat menghadiri acara pembukaan Diklat Bimbingan Ketrampilan Juru Teknik (BKJT) dan Bimbingan Praktis Ahli (BPA) program kerjasama Pertamina Corporate University (PCU) dengan PPSDM Migas.Diklat BKJT dilaksanakan pada tanggal 19 Februari sd 03 April 2018 diikuti oleh 197 peserta.Sedangkan Diklat BPA dilaksanakan pada tanggal 26 Februari sd 14 April 2018 diikuti oleh 237 peserta.
Karantina Marhaeni yang sekarang menjabat sebagai VP Pertamina Coporate University pada era tahun ‘90-an pernah mengikuti diklat BPS (Bimbingan Profesi Sarjana) selama kurang lebih satu tahun di Cepu. Banyak suka dan duka selama mengikuti pendidikan di PPT Migas (waktu itu) dan sekarang sudah berganti nama PPSDM Migas. PPSDM Migas adalah tempat yang tepat untuk mendidik kader-kader perminyakan dalam penyiapan kebutuhan tenaga kerja siap pakai dan memiliki daya saing secara nasional maupun internasional.
Tentang hal kedisiplinan dan kepatuhan terhadap keselamatan adalah hal yang utama bagi Karantina Marhaeni. Kepatuhan ini dirasakan sampai sekarang, karena maklum Karantina sendiri selama mengikuti diklat di Cepu juga harus mengikuti diklat kewiraan di Dodik Bela Negara, Rindam IV Diponegoro di Magelang, selama kurang lebih empat minggu, dan kepatuhan ini terus ditularkan kepada pada calon calon karyawan Pertamina.
Vice President Pertamina Corporate University(PCU) Karantina Marhaenimenambahkan bahwa calon-calon karyawan Pertamina ini nantinya akan ditempatkan pada PT Pertamina Direktorat Pengolahan dan Direktorat Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia (MPPP). Untuk itu Karantina jugamemberikan motivasi dan semangat kepada peserta selama mengikuti diklat di PPSDM Migas Cepu. “Teman-teman disini sudah memasuki modul yang keempat” jelas Karantina. Karena modul yang pertama telah dilaksanakan di Jakarta yaitu Program kewiraan di Rindam Jaya, kemudian modul kedua adalah Wawasan Korporasi di Pertamina, dan modul ketiga Basic HSE Training. “Setelah diklat ini selesai teman-teman akan masuk ke On the Job Training (OJT).


Jangan lupa soal integritas, di Pertamina tidak hanya butuh orang pintar tetapi orang yang punya integritas, orang yang jujur amanah dan selalu menjaga profesionalisme sebagai pekerja. Saudara-saudara sudah dibekali HSE, maka saudara harus terapkan dan patuh terhadap semua aturan yang sudah ada, termasuk semua aturan yang ada di PPSDM Migas”, Karantina Marhaeni menandaskan. (we)