Promosikan Program Diklat Unggulan dan Sertifikasi Melalui Ajang Gelar Karya Kalteng
Kategori : berita pusdiklat migas Ditulis : Rabu, 21 Maret 2018 Hits : 158 oleh :

Melalui ajang Gelar Karya Kalteng 2018 PPSDM Migas dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM mempromosikan program diklat unggulan dan sertifikasi dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah propinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mulai tanggal 8 sampai dengan 12 Maret 2018.


Dalam pameran ini PPSDM Migas yang tergabung dalam booth BPSDM ESDM mempromosikan sesuai tusinya yaitu menyelenggarakan pengembangan sumber daya manusia dan sertifikasi sektor minyak dan gas bumi.


Humas PPSDM Migas juga menjelaskan kepada pengunjung bahwa PPSDM Migas adalah sebuah institusi yang menempati area seluas 129 hektar dan berada di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan terakreditasi, serta memiliki sumber daya manusia yang handal, agar tenaga kerja Indonesia dapat bersaing di kancah internasional.


Pengguna pelatihan adalah dari institusi pemerintahan, industri migas petrokimia dan industri energi lainnya, perguruan tinggi serta dari masyarakat umum. PPSDM Migas dalam pelaksanaan jasa uji kompetensi memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi LSP PPT Migas dengan 36 ruang lingkup STTK.


Gelar Karya Kalteng 2018 yang diprakarsai Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Kalimantan Tengah tersebut menyediakan 100 stand in door dan 72 stand out door untuk para pelaku usaha seperti IKM/UKM, perbankan, swasta, Kementerian PUPR dan ESDM, LIPI serta perwakilan SKPD Provinsi, Kabupaten dan Kota se- Kalimantan Tengah.


Gelar Karya Kalteng 2018 dijadikan ajang pameran kreasi produk budaya dan unggulan kreatif yang dikemas dan terbungkus kental dalam nilai budaya dan tradisi serta menampilkan keanekaragaman karya dan inovasi produk olahan rumahan dan industri kerajianan dalam upaya memenuhi pasar nasional dan internasional.


Pelaksana tugas Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalimantan Tengah ketika membuka Gelar Karya Kalteng 2018 hari Kamis (08/03) di lokasi Pameran Temangung Tilung Palangkaraya mengatakan, industri kerajinan Kalteng memiliki kualitas produk yang bernilai tinggi. Produk  kerajian dan furniture Kalteng didukung oleh bahan baku yang melimpah seperti karet dan rotan.Ini bisa bersaing di pasar global dan dapat menyerap tenaga kerja yang cukup signifikan” ungkap Fahrizal Fitri.


Daya saing industri furnitur dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah, berkelanjutan, keragaman corak/desain khas lokal yang ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkompeten. Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota tak henti-hentinya mengajak  masyarakat meningkatkan dan mencintai penggunaan produk lokal Kalimantan Tengahungkap Fahrizal Fitri.


Gelar Karya kalteng 2018 diharapkan menjadi salah satu terobosan ajang promosi dalam upaya  meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah sekaligus sebagai motivasi untuk membenahi seluruh sektor dalam rangka mendorong peningkatan pendapatan asli daerah di masa mendatang menuju Kalteng BERKAH.(ris/we)