Penjajakan Kerjasama dengan Pertamina Hulu Mahakam
Kategori : berita pusdiklat migas Ditulis : Rabu, 21 Maret 2018 Hits : 325 oleh :

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) didampingi Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas (PPSDM MIGAS) dan Direktur Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) belum lama ini telah mengunjungi kantor Pertamina Hulu Mahakam di Balikpapan.


Kunjungan tersebut mendiskusikan tentang kerjasama antara BPSDM dengan PHM  serta keinginan BPSDM untuk mendirikan Politeknik sekelas PEM Akamigas dengan penambahan di bidang pertambangan di wilayah Balikpapan. Selain itu diskusi juga membahas tentang program-program sosial yang dilaksanakan diwilayah kerja Pertamina Hulu Mahakam.


Kehadiran kamidiharapkan bisa berbagi pengetahuan dalam hal mengembangkan SDM, seperti bagaimana membangun SDM tidak hanya dari dalam Pertamina Hulu Mahakam namun juga masyarakat sekitar  namun juga dengan program-programCSRyang bersifat mendidik anak SMA/SMK disekitar juga pemberian serfitifikasi-sertifikasi kepada masyarakat umum. Adapun bagaiman cara mengembangkan Industri penunjang agar memiliki skill, knowlege, attitudeyang baik hingga mampu bekerjasama dengan PHM sendiri. Hingga nanti PHM dapat bekerjasama mengembangkan SDM dengan PPSDM dibidang diklat dan PEM Akamigas pada sisi pendidikan formal”. Jelas kepala BPSDM ESDM Prof. Dr. IGN. Wiratmaja Puja dalam menyampaikan maksud kedatangannya ke PHM.


Kepala PPSDM Migas dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kerjasama yang selama ini sudah berjalan dengan baik agar tetap dilanjutkan untuk masa-masa yang akan datang. Tentunya sesuai dengan tusinya PPSDM Migas dibawah BPSDM ESDM sebagai penyelenggara pengembangan sumber daya manusia dan sertifikasi pada sub sektor minyak dan gas bumi. Sepertihalnya pada tahun-tahun sebelumnya bahwa kader-kader baik tingkat operator, foreman, engineer maupun manajer dari Pertamina Hulu Mahakam pernah di latih dan di “gembleng” di Cepu, seperti BPST atau BKJT. “Kami sangat berterima kasih apabila PHM   mempercayakan kepada PPSDM Migas untuk mengirinkan calon-calon karyawannya untuk dididik dan dilatih di Cepu” harap Wakhid Hasyim.


General Manager Pertamina Hulu Mahakam Noor Syarifuddinmenyambut baik dengan adanya rencana kerjasama terkait dengan pengembangan SDM pada sub sektor Migas. Diakui bahwa pada Pertamina Hulu Mahakam sendiri dengan bekal semangat kerja, kesungguhan dan kedisiplinan seseorang tenaga operator atapun foreman, karena ketekunannya mengikuti diklat bisa menjadi pimpinan di Pertamina.


Noor Syarifuddinjuga menjelaskan, semenjak serah terima WK Mahakam dari operator lama kepada pihak Pertamina, Pertamina menjadi sangat sibuk dalam hal penyesuaian dengan korporet yang baru dari segi proses, peraturan kantor, hingga Human Resource Management.


General Manager Pertamina Hulu Mahakam Noor Syarifuddin mengungkapakan “Sebelum penyerah terimaan dari operator lama kepada pihak Pertamina, kami telah berkomitmen untuk terus membantu masyarakat terutama dalam 4 (empat) hal yaitu: Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan. Kami juga sedang mengusahakan agar PHM dapat menjadi Central Operation Excellent baik di internal Pertamina ataupun dilingkungan Migas secara umum”.


Pertamiha Hulu Mahakam tengah giat melaksanakan program-program untuk masyarakat sekitar wilayah kerja terutamanya dibidang pendidikan sepertiperbaikan akses dan juga fasilitas pendidikan, pemberian beasiswa kepada putra-putra daerah, menjalankan program PHM mengajar, serta program CSR yang lain.


Membahas tentang rencana pendirian politeknik seperti PEM Akamigas dan juga mendidik tenaga pengajar atau kesedian menjadi pengajar, PHM menyatakan kesediaannya untuk membantu bersama membangun politeknik tersebut diwilayah Balikpapan. Dari dalam internal PHM sendiri banyak yang menjadi pengajar tetap maupun guest lecture dibeberapa kampus maka dari itu PHM juga menyatakan kesediannya dalam membantu mendidik atau menjadi dosen pengajar di PEM Akamigas. (RIS/WE)