PENYERAHAN SERTIFIKAT LISENSI TUK PT PERTAMINA DRILLING DARI LSP PPT MIGAS
Kategori : berita pusdiklat migas Ditulis : Jum'at, 13 Oktober 2017 Hits : 253 oleh : Administrator

Pada hari Rabu (12/10), menjadi momentum berharga bagi PT. Pertamina Drilling dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas). Momentum tersebut ditandai dengan kegiatan penyerahan Lisensi Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk 7 ruang lingkup bagi lapangan/TUK tempat kerja di Mundu, Cirebon, PT. Pertamina Drilling.


Tempat Uji Kompetensi (TUK),merupakan tempat kerja dan atau lembaga yang dapat memberikan fasilitas pelaksanaan uji kompetensi, yang telah diverifikasi oleh LSP berlisensi dan terakreditasi. Dengan demikian secara resmi PT. PERTAMINA DRILLING telah menjadi patner bagi PPSDM Migas dalam hal ini adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP PPT Migas) untuk dapat mendukung pelaksanaan kegiatan uji kompetensi kerja atau sertifikasi bagi tenaga kerja di SUB sektor migas. 7 ruang lingkup tersebut adalah Pemboran (BOR), Perawatan Sumur (PES), Operator Pesawat Angkat (OPA), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Penanggulangan Bahaya Gas H2S (H2S), Scaffolding (SCAFF) dan Juru Las (Welder)


Dalam kaitannya pemenuhan 35 SKKNI wajib bagi pekerja di industri migas, PPSDM Migas menyampaikan kesiapan dalam mendukung Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2015, dengan menyiapkan 16 ruang lingkup baru melengkapi 19 ruang lingkup yang telah dilaksanakan saat ini. Selain 35 ruang lingkup tersebut masih banyak ruang lingkup lain yang dibutuhkan bagi industri migas dan dapat diusulkan menjadi Rancangan yang dapat distandarkan dalam SKKNI. Ruang lingkup lain yang diusulkan oleh PT. PERTAMINA DRILLING adalah untuk pemboran seperti Manajemen Resiko Pemboran; Logging; Cementing; Directional Drilling; Top Drive dan Remotely Operated Vehicle (ROV).


Dalam kesempatan pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Matahari, Gedung PT. PERTAMINA DRILLING, jalan Matraman Nomor 87 Jakarta, dibahas pula mengenai kegiatan kerja sama lain diantaranya kegiatan pelatihan, jasa teknologi maupun jasa konsultan, termasuk sisi bisnis atau commercial bussines bagi PT. PERTAMINA DRILLING.


Segala rangkaian kegiatan yang dilaksanakan bersama pada kesempatan tersebut sebagai langkah awal bentuk komitmen PT. PERTAMINA DRILLING menindaklanjuti nota kesepahaman (MoU) yang mana sebelumnya pada tanggal 18 September 2017 bertempat di Kementerian ESDM telah dilakukan kesepakatan dan penandatangan MoU dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Manusia (BPSDM ESDM) dihadapan Menteri ESDM. Pertemuan ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam menindaklanjuti kesepakatan bersama, dan kedepan perlu dilaporkan progressnya kepada Menteri ESDM demikian kutipan Satoto Agustono, Plt. Direktur Utama PT. PERTAMINA DRILLING, dalam sambutannya.