PEMBUKAAN PELATIHAN OPERATOR PESAWAT ANGKAT (OPA) UNIT FORKLIFT DAN RIGGER Program Bantuan Diklat Untuk Masyarakat
Kategori : berita pusdiklat migas Ditulis : Selasa, 23 Mei 2017 Hits : 1270 oleh : Administrator

Pada Hari Senin tanggal 22 Mei 2017 bertempat di Gedung Aula Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Cepu telah dibuka Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forkloift dan Rigger  Program Bantuan Diklat Untuk Masyarakat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.


Pelatihan Program Bantuan Diklat Untuk Masyarakat diselenggarakan atas dasar Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 36 Tahun 2015 tentang Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral


Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forklift direncanakan sebanyak 20 orang
Pelatihan Operator Pesawat Angkat unit Rigger direncanakan sebanyak  20 orang


Peserta pelatihan tersebut adalah peserta yang telah lolos seleksi terlebih dahulu dari beberapa daerah Kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.


image


 


 


-     Tujuan Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forklift :


      Setelah mengikuti pelihan OPA Unit Forklift diharapkan peserta dapat memahami tentang teori praktis
      pengoperasian pesawat angkat unit forklift di kegiatan idustri migas sesuai dengan Standart Operating
      Prosedure
dalam rangka memenuhi kompetensi kerja sebagai Operator Pesawat Angkat Unit Forklift.


-    Tujuan Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Rigger :


     Memberikan bekal kepada peserta diklat tentang teori praktis dasar-dasar ikat beban pada operasi pesawat
     angkat dilingkungan kegiaan industri migas dalam rangka memenuhi kompetensi kerja sebagai juru ikat
     beban (rigger).


Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forklift dan Operator Pesawat Angkat Unit Rigger dilaksanakan pada tanggal 22 Mei s.d 16 Juni 2017 di PPSDM Migas.


Tenaga pengajar Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Forklift dan Operator Pesawat Angkat Unit Rigger direncanakan berasal dari pejabat fungsional widyaiswara, instruktur Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, dan praktisi.


Pada Kesempatan tersebut dihadiri pula oleh Bapak Bupati Blora Bapak Joko Nugroho yang dalam sambutannya penyelenggaraan pelatihan tersebut sangat tepat sekali apalagi tepat pada hari Kebangkitan Nasional dimana Tema kali ini “Pemerataan Pembangunan untuk Indonesia Bangkit” selain dari pada itu pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal sebagai modal untuk mencari lapangan kerja pada industri migas pada khususnya.


Hal serupa juga disampaikan oleh staf ahli Bupati Kepulauan Aru dan Kepala PPSDM Migas bahwa aset negara ini silahkan dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi semua angkatan kerja di seluruh indonesia dan dal acara ini sekaligus membuka Pelatihan tersebut. (SI/JP).